Produk-produk Amazon

Ray kroc sang penemu restoran Mc Donalds

on Senin, 22 Juni 2009



Ray Kroc, McDonald's, And The Fast-Food Industry Dalam 1954, lima puluh satu-dua tahun susu-goyang mesin salesman melihat stand hamburger di San Bernardino, California, dan envisioned industri baru yang besar: fast food. Dalam apa yang seharusnya sudah dia emas tahun, Raymond Kroc, pendiri dan pembina dari McDonald's Corporation, membuktikan dirinya sebuah industri pionir tidak kurang mampu dari Henry Ford. Dia revolutionized Amerika oleh industri restoran mengesankan disiplin produksi hamburger, french fries, dan susu getar. Dengan pengembangan yang canggih dan pengiriman sistem operasi, dia diasuransikan french fries yang dibeli pelanggan di Topeka akan sama dengan yang dibeli di New York City. Konsistensi seperti yang dilakukan McDonald's the merek yang ditetapkan American fast food.

By 1960, terdapat lebih dari 200 gerai McDonald's di seluruh negeri, perluasan cepat fueled oleh franchising biaya rendah. Ray Kroc telah menciptakan salah satu merek yang paling menarik dari semua waktu. Tetapi ia hampir tidak merubah sebuah keuntungan. Akhirnya, ia itu keputusan untuk menggunakan real estate sebagai tuas keuangan yang dibuat McDonald's yang giat operasi. Pada tahun 1956, Kroc mengatur Franchise Realty Corporation, membeli tracts atas tanah dan sebagai pemilik berkeinginan untuk franchisees. Dengan langkah ini, McDonald's mulai nyata menghasilkan pendapatan, dan perusahaan itu tidak aktif. Kroc kemudian memperkenalkan program periklanan nasional untuk mendukung proliferating waralaba cepat, dan bila ternyata pertumbuhan di wilayah asal perusahaan ini perlambatan pada awal tahun 1970-an, dia mulai yang energik dan berhasil push to make McDonald's global keberadaan. Sepanjang pertumbuhan perusahaan yang spektakuler, Kroc dipelihara balancing tindakan yang lembut, mengesankan ketat sistem standar sementara yang mendorong semangat kewirausahaan yang menyambut gagasan dari semua tingkatan. Banyak dari gagasan ini memberikan kontribusi untuk perusahaan mengherankan sukses.

Dalam amassing US $ 500-juta keberuntungan, raja hamburger yang mengubah lansekap budaya bangsa dan tertempa sebuah industri yang besar antara Amerika dari ekspor. Yang banyak ditiru keberhasilan McDonald's menawarkan contoh yang sangat baik untuk saat ini manajer dan eksekutif mencari efisiensi produksi yang lebih besar. Dengan menempatkan hamburger sederhana pada baris perakitan, Kroc menunjukkan kepada dunia cara menerapkan proses manajemen yang canggih untuk usaha yang paling membosankan. Untuk yang berhasil cara McDonald's, perusahaan harus menentukan dasar premis yang menawarkan layanan mereka, memutuskan menjadi tenaga kerja memangkatkan bagian, dan kemudian kembali dan terus fine tune banyak langkah sampai sistem bekerja tanpa suatu halangan. Saat ini, perusahaan yang bergerak dalam memberikan pizza, pemrosesan klaim asuransi, atau menjual mainan keuntungan dari jenis sistem yang memelopori Ray Kroc. Untuk tingkat bahwa operasi menjaga kualitas, dan menghargai kepuasan pelanggan, keuntungan Mei mengalir.
Menemukan Masa Depan Dalam San Bernardino
Sebagai susu-goyang mesin salesman, Raymond Kroc secara rutin dibayar kunjungan ke klien. Tetapi bila lima puluh dua tahun salesman perjalanan dari rumahnya dekat Chicago ke California selatan untuk memenuhi dua klien terbesar itu, hasilnya adalah sesuatu tetapi rutin.

Maurice dan Richard McDonald telah meninggalkan New Hampshire pada tahun 1930, membuat mereka mencari peruntungan di Hollywood. Tidak dapat menjadi besar di Tinseltown, saudara-saudara yang luka sebagai proprietors sebuah restoran drive-in di San Bernardino, sebuah pelopor berdebu lima puluh lima mil di sebelah timur Los Angeles.

Sementara kebanyakan restoran membeli satu atau dua Prince Castle Multimixers yang mungkin campuran lima getar sekaligus, yang telah dibeli McDonalds delapan. Dan Kroc ingin lihat adalah jenis operasi yang dibutuhkan kapasitas untuk mengocok susu empatpuluh getar pada satu waktu. Jadi dia trekked ke San Bernardino, dan apa yang dia melihat ada hidupnya berubah. Kroc berdiri di bayangan yang berdiri dari dua seri emas arches, lit yang di atas langit senja, dan melihat baris snaking orang di luar restoran bersegi delapan. Melalui semua bangunan dari kaca-dinding, dia melihat laki-laki awak, berpakaian putih di kertas putih dan topi seragam, kegesitan tentang tajam-bersih restoran, dishing out burgers, fries dan getaran untuk pekerjaan-keluarga yang drove kelas atas. "Sesuatu yang pasti terjadi di sini, I told myself," Kroc kemudian menulis dalam autobiografi, Grinding It Out. "Ini harus paling amazing merchandising operasi I'd ever seen."

Tidak seperti begitu banyak operasi pelayanan makanan Kroc telah datang, bersama ini hummed seperti mesin halus yang sesuai. Forbes meletakkannya sebagai: "Singkatnya, saudara efisiensi dibawa ke menepak-dash bisnis." Mereka menawarkan menu sembilan item - burgers, french fries, getar, dan pies - dihapuskan tempat duduk, dan kertas dan plastik digunakan sebagai pengganti alat-alat gelas dan Cina. Mereka juga telah dibuat dengan dasar dari hamburger sidang baris sehingga mereka dapat menyampaikan pesanan dalam waktu kurang dari enam puluh detik. Dan harga yang rendah bukan main: lima belas burgers-sen dan sepuluh sen goreng. Kroc seketika tahu dia telah melihat masa depan. "Ketika saya melihat bahwa hari kerja di 1954, saya merasa seperti beberapa hari terakhir Newton yang hanya akan memiliki Idaho kentang caromed off tengkorak itu," kata Kroc. "Itu malam dalam kamar motel saya melakukan banyak berat berpikir tentang apa yang akan dilihat pada siang hari. Visions dari restoran McDonald's dotting persimpangan seluruh negara paraded melalui otak saya."

Kroc telah melihat-Nya takdir. Dalam 1906, Kroc ayah telah diambil empat tahun Raymond untuk melihat phrenologist - seorang praktisi dari abad kesembilanbelas "obat" yang divined wawasan seseorang menjadi karakter dan kemampuan dari tengkorak dari bentuk dan ukuran. Setelah memeriksa dan groping gundukan yang pada kepala anak laki-laki, yang diucapkan phrenologist bahwa anak yang bekerja di industri jasa makanan.

Kroc merasa memiliki intuitif untuk bisnis restoran. Dia juga gila yang lebih praktis bekerja pengetahuan tentang industri, setelah menghabiskan waktu selama tiga puluh tahun menjual kertas dan produk susu mesin-goyang ke restoran seluruh bangsa. Dalam perjalanan, melihat seorang Kroc mengherankan berbagai operasi - kedai kopi, dan mom-pop-dinettes, Diners, burger berdiri, dan es krim rantai seperti Tastee-Freez - dan menjadi sesuatu yang rendah ahli pada akhir American restoran pemandangan. Kroc menyimpulkan bahwa terlalu banyak orang yang hamstrung oleh klien sembarangan, tdk ilmiah manajemen. Dan mereka sangat mengecewakan, Kroc itu tidak diminta untuk menawarkan nasihat tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan usaha mereka. "Saya sendiri yang dianggap connoisseur dari dapur," katanya. "Saya sendiri pada prided dapat kirim ke operasi yang akan naik banding kepada publik dan yang akan gagal."

Kroc merasa yakin bahwa McDonald brothers' operasi liar dapat berhasil jika diperluas. Maka pada hari berikutnya, ia menawarkan sebuah proposisi mereka. "Kenapa tidak membuka rangkaian unit seperti ini?" ia bertanya. Saudara-saudara demurred. Mereka telah menjual waralaba di Phoenix dan Sacramento untuk sangat sedikit uang, dan reaped tidak mempunyai manfaat besar. Pada akar, mereka tak pengusaha, puas dengan $ 100.000 per tahun dan mereka yang enggan untuk berinvestasi di energi untuk membangun sebuah rantai. Tetapi Kroc adalah seorang salesman dengan veteran yang lebih tiga puluh tahun. Menggunakan setiap ounce dari bujuk ia dapat menghimpun, akhirnya dia yakin dengan saudara-saudara untuk menangani pendekkan: Kroc akan menjual waralaba McDonald's di harga rendah dari $ 950. Dalam pertukaran, ia akan tetap 1,4 persen dari semua penjualan dan saluran 0,5 persen kembali ke saudara-saudara. Karena franchisees kicked kembali seperti ini amat kecil persentase dari total penjualan - hanya 1,9 persen - perusahaan induk yang dibuat sangat sedikit uang.

Pengaturan ini adalah jauh lebih baik ke McDonalds' daripada Kroc, untuk yang kecil slice pendapatan tersebut harus account Kroc dari biaya overhead dan pemasaran - dan keuntungan. Tapi itu adalah tindakan yang sangat menyedihkan itu. Walaupun dibuat Kroc $ 12.000 per tahun dari penjualan Multimixer, dunia usaha telah ditandai untuk pemadaman karena persaingan berat dari Hamilton Beach-merek mixers. Terlalu lama untuk memulai kembali dari awal, tengah umur salesman percaya yang nyaman keberadaan ia dan istrinya, Ethel, dipimpin suburban di Arlington Heights, Illinois, akan lenyap jika usaha ini gagal. "Jika saya kehilangan di McDonald's, saya tidak memiliki tempat untuk pergi," katanya.
Merek J Dan Sebuah Layanan Sistem Operasi
Dengan menangani di tangan, Kroc mengatur tentang itu memenuhi visi restoran McDonald's berkembang dari pantai ke pantai. Dia memulai dengan membangun rantai pertama link - sebuah model eksperimental di Des Plaines, Illinois, di luar Chicago, fitur yang sama dengan harga rendah, menu terbatas, dan layanan cepat sebagai San Bernardino berdiri. Membuka pada 15 April 1955, toko rang yang terhormat $ 366.12 dalam penjualan, dan dengan segera menjadi menguntungkan. Kroc dipantau melalui toko dengan kewaspadaan ibu yang baru, secara pribadi mengawasi dapur dan Scraping gum off tempat parkir dengan kape.

Untuk Kroc, McDonald duplicating yang saudara-saudara satu toko itu hanya awal. Untuk membangun sebuah rantai, Kroc tahu bahwa dia harus mengenakan disiplin di restoran loosely menjalankan industri. Dan yang dimaksudkan memperbaiki standar prosedur operasi menjadi mudah replicable proses. Empat puluh tahun sebelumnya, Henry Ford sudah menyadari bahwa massa produksi mobil diperlukan perkawinan presisi dari bagian yang efisien proses perakitan. Kroc dari informasi ini adalah untuk menerapkan ketelitian yang sama untuk pembangunan sandwich. Espousing gagasan bahwa "ada ilmu untuk membuat dan melayani sebuah hamburger," Kroc kaya nya daging sapi Patties dengan spesifikasi beret - konten lemak: di bawah 19 persen; berat: 1,6 ounces; diameter: 3,875 inci; bawang: 1 / 4 ounce . Kroc bahkan membangun sebuah laboratorium di bagian pinggiran kota Chicago untuk merancang metode pembuatan kentang goreng yang sempurna pada akhir tahun 1950-an.

Kaya baru perusahaan yang menjadi obsesi untuk Kroc. "Saya percaya pada Tuhan, keluarga, dan McDonald's - dan di kantor, pesanan yang dikembalikan," he liked to say. Tetapi nampaknya McDonald's selalu datang terlebih dahulu. Kroc penjualan pengalaman bisnis yang diajarkan dia adalah seorang Darwinian proposisi, di mana yang paling cocok dan adaptable akan pergi jalan bagi dinosaur. Rupanya, Kroc dari perkawinan itu tidak cukup kuat untuk bertahan dari tantangan yang memulai bisnis baru. Ethel tidak berbagi suaminya dari merasa mendalam untuk usaha restoran, dan marah oleh Ray-akhir hidup dari judi, dia resented jalan yang baru telah diambil alih perusahaan suaminya hidup. "Ini adalah benar Wagnerian opera dari perselisihan," Kroc menulis. "Ini menutup pintu antara kami." Dengan tiga puluh sembilan tahun perkawinan akhirnya akan berakhir dalam perceraian pada tahun 1961.

Dalam berusaha untuk membangun sebuah rantai, Kroc tahu bahwa McDonald's tidak mempunyai ke lapangan itu sendiri. Ketika dia membuka usaha di tahun 1955, A & W, Dairy Queen, Tastee-Freez, dan Big Boy telah membentuk rantai sederhana, dan Burger King pertama (kemudian dikenal sebagai Raja InstaBurger) baru saja dibuka di Miami. Akibatnya Kroc mengambil banyak waktu untuk membedakan McDonald's dari pemain - untuk alasan kompetitif dan intelektual. Yang penting perbedaan antara Kroc dan sekutu merupakan salah satu pandangan dunia. Ia melihat franchisees sebagai mitra bisnis, bukan hanya sebagai pelanggan. Dalam perjalanan menjual Multimixer, dia telah mengamati cara franchisers milked franchisees untuk keuntungan mereka tanpa peduli untuk kelangsungan hidup jangka panjang. Kroc bernazar untuk tidak jatuh ke dalam yang akhirnya tapi yg yg tak perangkap. "Saya yakin bahwa saya harus membantu individu operator berhasil di setiap jalan saya bisa. Nya kesuksesan akan memastikan keberhasilan saya. Tapi saya tidak bisa melakukan itu, dan pada saat yang sama, memperlakukan dia sebagai seorang pelanggan," ujarnya.

Bukan hanya dengan menyediakan franchisees susu formula-kocok dan es krim, Kroc ingin menjual kepada mitra baru sistem operasi. Dengan kata lain, dia merek layanan. Dan ini adalah sarana revolusioner yang akan digunakan McDonald's untuk menciptakan sebuah rantai yang di toko di Delaware dan toko di Nevada dapat melayani burgers dari yang sama persis ukuran dan kualitas, masing-masing berisi jumlah yang sama acar iris dan topped dengan ukuran yang sama - dollops dari mustard dan kecap, masing-masing arrayed pada baki serupa bersama kentang goreng untuk deep-yang sama persis waktu panjang. Sebagai Kroc recalled, "Perfection sangat sulit untuk dicapai, dan kesempurnaan adalah apa yang saya mau di McDonald's. Semuanya lain adalah kedua bagi saya." Tetapi sulit melayani permintaan tujuan strategis. "Tujuan kami, tentu saja, adalah untuk memastikan ulangi usaha berdasarkan sistem reputasi daripada pada kualitas dari sebuah toko atau operator," kata Kroc.

Diantara Kroc pertama adalah mitra sesama anggota dari Rolling Green Country Club yang telah melihat Kroc ramai menyimpan kapal yang besar untuk kesuksesan iklan. By 1958, Kroc telah dijual tujuh puluh sembilan waralaba, beberapa dari mereka untuk bermain golf Rolling Lingkungan teman-teman. Banyak pelanggan, keingintahuan mereka piqued oleh pengalaman bersantap yang menyenangkan, di knocked Kroc dari pintu. Lainnya masih prospektif operator Kroc jawab dari iklan surat kabar. Salah satunya adalah dua puluh tiga tahun Fred Turner, yang disewa sebagai Kroc dolar-an jam tangan burger pada tahun 1955. Turner bersama his boss's pesona untuk mekanik dari burger-making, dan dengan segera menjadi favorit dari Kroc, yang hanya mempunyai anak perempuan. "Saya memiliki seorang anak laki-laki - namanya adalah Fred Turner," wrote Kroc. Turner Kroc menjadi asisten dari atas dan bergabung dengan dua tombol pegawai di kantor pusat: Jun Martino, yang telah Kroc's secretary dari Multimixer hari, dan Harry Sonneborn, mantan Tastee-Freez eksekutif keuangan yang ditawarkan kepada datang bekerja untuk McDonald's untuk rendah gaji $ 100 per minggu pada tahun 1955.
Real Estate Sebagai Mesin J Keuangan
Walaupun McDonald's waralaba sprouted up di seluruh Midwest dan Barat seperti wildflowers setelah hujan musim semi, keberhasilan perusahaan ternyata kekurangan hidup. Sedangkan yang asli menangani dia terkena dengan McDonald brothers endeared Kroc ke franchisees awal, tetapi juga mengatur tentang perusahaan bibit itu langsung saja ke insolvenci. Melalui 1960, ketika rantai dari restoran racked up $ 75 juta dalam penjualan, penghasilan McDonald's yang hanya $ 159.000. "Singkatnya, konsep Kroc untuk membangun McDonald's telah finansial bangkrut," wrote sejarawan John McDonald's Love. Kroc dan mimpi rumah kartu mulai runtuh di bawah sendiri berat. Tidak dapat memberikan nilai karyawan seperti Martino dan menimbulkan Sonneborn, Kroc dibayar oleh mereka mereka memberikan 30 persen dari perusahaan. Dia lebih diencerkan Nya keadilan oleh ceding 22 persen saham McDonald's ke dua perusahaan asuransi untuk mendapatkan $ 1,5 juta kredit pada tahun 1961.

Bahkan kredit ini diperoleh di sungguh berat persyaratan, sementara hanya dipuaskan yang kuat dari kehausan untuk modal: Kroc diperlukan untuk membikin besar bingkah uang - $ 2,7 juta - untuk membeli di McDonald saudara. Hubungan mereka dengan-Nya adalah terus sumber iritasi. Mereka tidak memenuhi standar yang tepat di waralaba McDonald's mereka telah dijual di California. Kroc parah di mata, mereka mengambil cuti dari menjual McDonald's franchise ke saingan di Cook County, Illinois, Kroc rumah daerah. Seperti tindakan intensif Kroc dari keinginan untuk mengatur pertumbuhan pada perusahaan sendiri. Walaupun dia datang ke penyesalan itu berkaitan dengan McDonald saudara, Kroc menyadari nilai produk identifikasi dibuat oleh lebih dari 200 gerai bearing nama mereka. "Saya perlu nama," Kroc almarhumi. "Bagaimana mungkin aku pergi jauh di Kroc burgers?" Putus asa untuk ultimate kontrol dari nama McDonald's, pada 1961 ia mortgaged perusahaan di masa depan lagi. Di New York manajer diatur uang US $ 2,7 juta pinjaman dari beberapa sekolah dan sumbangan dana pensiun, pada pembayaran bunga yang dihitung sebagai persentase dari penjualan McDonald's.

Deep dalam keadaan dan tanpa pertumbuhan keuntungan dalam pandangan, Kroc menghadapi dilema yang klasik. Dia tidak mampu berkembang. Dan ia tidak mampu untuk menginjak air. Untungnya, Harry Sonneborn datang dengan solusi. Ia berpikir McDonald's bisa membuat uang dengan penyewaan atau membeli menyimpan potensi situs dan kemudian subleasing mereka franchisees awalnya di markup 20 persen, kemudian pada 40 persen markup. Di bawah rencana ini, McDonald's pandu akan keluar situs dan menandatangani dua puluh tahun di sewa tetap tinggi. Franchisees maka akan membayar McDonald's baik harga minimum atau persentase penjualan, tergantung mana yang lebih besar. Seperti penjualan dan harga pasti naik selama bertahun-tahun, perusahaan akan mengumpulkan lebih banyak dan lebih sebagai biaya sewa tetap hampir konstan.

Merangkul Sonneborn gagasan, pada tahun 1956 Kroc mendirikan anak perusahaan, maka Franchise Realty Corporation, untuk menjalankan strategi baru. Pada tahun itu, ia Flew sekitar negara kecil pesawat, pemanduan suburban RW burik dengan sistem perumahan, sekolah, dan gereja - yang ia dianggap sebagai tanah yang subur untuk penanaman baru "Golden arches." Dalam hal ini pra-strip-mal era, real estate di sepanjang perjalanan baik-baik byways adalah murah dan banyak. Dan dalam waktu singkat, operasi yang real estat menjadi tinggi margin kontributor McDonald's bottom line. Kroc dicatat sebagai: "Ini adalah awal dari pendapatan nyata untuk McDonald's."

The real estate strategi diputar sempurna Kroc menjadi tujuan yang lebih besar dari kontrol. Daripada menjual selimut geografis waralaba, yang akan memberikan pemegang hak untuk membangun sebanyak mungkin atau hanya karena ia memilih toko di wilayah tertentu, Kroc hanya menjual waralaba individu, dengan biaya rendah dari $ 950. Ini diasuransikan yang operator dgn segan untuk bermain dengan aturan bisa buka tidak lebih dari satu outlet. Sebagai pemilik, Kroc dapat menenangkan dokumen hukum lebih menjamin kontrol. Dan menulis sewa yang berlaku untuk penyewa untuk mengikuti kebijakan perusahaan, ia dapat lebih mudah memastikan bahwa tampilan, rasa, dan selera McDonald's tersebut akan sama di Bangor, Maine, dan Butte, Montana.

Membiarkan stabil keuangan perusahaan mampu di tangan Harry Sonneborn, Kroc mengatur tentang perluasan dan pertumbuhan industri yang professionalizing kekaisaran. Novel di bawah konsepsi, setiap franchisee dan operator itu seperti tanaman manager. Mengetahui bahwa tanda apapun canggih kompleks industri adalah manajemen profesional, Kroc pada tahun 1961 meluncurkan program pelatihan - kemudian disebut hamburger University - di sebuah toko baru di Elk Grove Village, Illinois. Di sana, di fakultas franchisees terlatih dan operator dalam metode ilmiah berjalan sukses McDonald's dan bor-boran mereka dalam Injil Kroc Kualitas, Layanan, kebersihan, dan Nilai. "Saya menaruh hamburger pada jalur perakitan," Kroc suka mengatakan. Hamburger U juga penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan laboratorium baru memasak, pembekuan, penyimpanan, dan mekanisme pelayanan.

Sementara Kroc dictated ukuran dan bentuk burgers, dia memberi franchisees lintang lebar di daerah-daerah lainnya. Dia tahu bahwa McDonald's harus melepas sekaligus kewirausahaan ratusan tenaga operator sambil mempertahankan standar-standar dan peraturan yang efisien penting untuk pengoperasian yang jauh sekali perusahaan industri. McDonald's sebagai penulis kronik John Love menulis: "Ray Kroc's genius adalah membangun suatu sistem yang mewajibkan semua anggotanya untuk mengikuti aturan seperti perusahaan-tetapi pada saat yang sama mereka imbalan untuk mengekspresikan kreativitas masing-masing."
Terjadi Publik Melalui Iklan Dan J Stok Menawarkan
Pembelahan dua nowhere adalah antara pusat dan otonomi operasi lebih jelas daripada dalam iklan. Di Natal pada akhir tahun 1950-an, Turner dan para manajer yang akan wisata di Chicago Loop "Santa Wagon," sebuah truk es krim dikonversi menjadi seperti yang rolling McDonald's drive-in. Tapi walaupun ini kegemaran untuk kolot hucksterism, McDonald's tidak punya perusahaan periklanan strategi-lebar. Sebaliknya, ketika operator Minneapolis Jim Zein melihat penjualan itu meledak di 1959 setelah menjalankan iklan radio, Kroc mendorong operator untuk dibawa ke-gelombang udara dengan kampanye mereka sendiri. Direktif berikut ini, dua Washington, DC, franchisees, John Gibson dan Oscar Goldstein, memutuskan untuk menargetkan anak-anak lokal mensponsori oleh anak-anak menunjukkan, Bozo's Circus. Ketika stasiun acara dibatalkan pada tahun 1963, yang disewa franchisees yang seorang, yang dua puluh lima tahun penyiar televisi bernama Willard Scott, untuk membuat yang baru clown persona untuk iklan lokal. Oleh karena itu dilahirkan salah satu iklan yang paling bertahan ikon: Ronald McDonald.

Iklan berhasil membantu memacu pertumbuhan lebih besar. Dan pada tahun 1965, dengan 710 McDonald's tersebar di seluruh empat puluh empat negara bagian, $ 171 juta dalam penjualan, dan neraca yang relatif rapi, McDonald's akhirnya berhasil. Pergi perusahaan publik pada 15 April tahun ke sepuluh hari setelah Kroc membuka Des Plaines toko, menjual 300.000 saham dengan harga $ 22.50 di masing-masing. Banyak dari saham yang ditawarkan oleh Kroc, yang reaped $ 3 juta pada penjualan, serta Sonneborn dan Martino Juni. Sebagai investor melompat pada kereta musik McDonald's, stok melonjak ke $ 30 pada hari pertama perdagangan dan soared untuk segera setelah $ 49.

Kroc uang yang digunakan untuk memperluas dan membela off cepat proliferating saingan, bagi perusahaan yang sukses telah membunuh spawned dari imitators untuk mencari uang pada industrialisasi yang berkembang cepat makanan. Pada tahun 1965, sudah terdapat 1.000 Kentucky Fried ayam, 325 Burger Chefs, dan 100 Burger Kings di operasi. Setiap rantai, dibentengi oleh cash infusions, berkembang pesat pada akhir tahun 1960, begitu banyak sehingga oleh 1970, fast food telah berkembang menjadi $ 6,2 miliar-bisnis garnering 17,8 persen dari semua uang yang dihabiskan di restoran.

Dalam lingkungan, yang masih berdiri sama untuk malu. "Sebuah kemenangan atas cepat beristirahat wilts" merupakan favorit Kroc-ism. Jadi selain membuka restoran baru di kecepatan yang berbahaya, McDonald's menambahkan senjata baru nya arsenal: periklanan nasional. Setelah dibuat kuat untuk membuat seragam standar seluruh sistem, Kroc pengiklan modal untuk memalsukan gambar yang seragam. Pada tahun 1967, McDonald's mengeluarkan $ 2,3 juta, atau sekitar 1 persen dari penjualan, pada periode pertama kampanye iklan nasional, yang merupakan jumlah yang keterlaluan untuk cepat-rantai makanan. "Apa pengusaha kecil tidak akan cheerfully give up 1 persen orang kotor kami untuk mendapatkan jenis dan hal-hal seperti commercials sponsor dari The Sound of Music pada jaringan televisi untuk mempromosikan toko-Nya?" Kroc ditanyakan rhetorically. Ronald McDonald memperluas kampanye yang dibuat oleh Washington waralaba, perusahaan yang clown outfitted dengan kawanan yang kid-friendly karakter seperti Hamburglar, Walikota McCheese, dan meringis, ungu besar makhluk yang craved getar dan Perancis goreng. "Kami tidak dalam bisnis hamburger; kami di dunia," Kroc suka mengatakan.

Kroc didukung dengan periklanan serangan kilat dengan beberapa produk baru, banyak yang diciptakan oleh franchisees. Pittsburgh operator Jim Delligatti, berusaha untuk menyokong penjualan, dimulai pada tahun 1967 baru dua kali uji bis yang dia dikenal hamburger Big Mac. McDonald's memperkenalkan sandwich sepanjang rantai dalam waktu kurang dari satu tahun, dan telah menjadi perusahaan dari produk bertahan tanda tangan. Menu baru lainnya, mulai dari filet-o-Ikan ke Egg McMuffin, juga dari sprouted subur McDonald's imaginations dari operator yang sama dan disambut oleh hamburger Tengah, karena datang ke kantor pusat diketahui.
J Global Menjadi Institusi
Melalui pertumbuhan yang cepat dan ekstensif periklanan, McDonald's pada awal tahun 1970-an menjadi negara terbesar rantai makanan cepat dan fitur yang mudah dikenali dari lansekap budaya Amerika. Dan penguasa tertinggi dari McDonaldland, Ray Kroc, menjadi tokoh nasional yang tinggi. Pada tahun 1972, di mana lebih dari 2.200 outlet McDonald's racked up $ 1 miliar dalam penjualan, Kroc menerima penghargaan Horatio Alger dari Norman Vincent Peale. Sebagai nilai saham itu saham naik menjadi sekitar $ 500 juta, yang diperoleh tujuhpuluh tertentu riasan kekayaan: sebuah rumah di Beverly Hills, sebuah rumah besar di Florida yang bel pintu chimed "You deserve a Break Hari ini," dan San Diego Padres baseball team. Kroc tapi tetap di hati manusia yang sederhana, yang telah berbicara dengan bangga dengan "petani yang tulang saya Bohemian leluhur." Tidak seperti banyak lainnya kaya baru captains industri, dia mengembangkan rasa tidak besar untuk acara seni atau masyarakat. Sebaliknya, dia terus mencari keindahan dalam bun sederhana. "Ini memerlukan beberapa jenis pikiran untuk melihat keindahan dalam hamburger bun," Kroc rhapsodized. "Namun, yang tidak biasa lagi untuk mencari karunia di tekstur lembut dan lengkung bayangan hitam yang mencerminkan bun daripada dgn penuh kasih sayang pada hackles favorit dari ikan terbang?"

Sama seperti Ford Motor Company yang aroused keterbukaan dari muckraking jurnalis dan politisi reformasi, Ray Kroc tinggi dari profil industri sesuatu yg meminta korban manusia menarik perhatian dari berbagai tempat. McDonald's sebagai tarif menjadi pokok dari American diet, it aroused yang keangkuhan dari industri makanan elit. New York Magazine Mimi Sheraton menyatakan: "McDonald's makanan irredeemably horrible, tanpa menyimpan graces apa." Dan tidaklah nutritionists yang mengambil hormat ke McDonald's persembahan. Seperti Dr Jean Mayer, seorang profesor Harvard, menulis: "Yang makan khas McDonald's - hamburger, french fries, dan malted - tidak memberikan banyak nutrisi. Ada khas dari makanan yang menimbulkan kolesterol count dan mengarah ke penyakit jantung. "

Politisi itu catatan, too. Pada tahun 1974, ketika nilai pasar perusahaan surpassed yang lamban US Steel, Senator Lloyd Bentsen mengeluh: "Ada yang salah dengan perekonomian kita saat pasar saham di hamburger panjang dan pendek pada baja." Tetapi masa depan menteri keuangan diabaikan kenyataan bahwa burgers telah menjadi sebuah produk industri yang hampir signifikan sebagai terguling baja, untuk McDonald's kompleks industri besar konsumen adalah bahan baku. It dibeli sekitar 1 persen dari seluruh daging sapi wholesaled di Amerika Serikat dan jumlah yang besar selain kentang. Setiap toko adalah kesempatan-menghasilkan mesin - menyediakan satu dari lima belas muda Amerika dengan titik masuk ke dunia kerja. Terjadi booming output-nya, McDonald's melakukan praktik posting terbaru nya rantai-lebar total angka penjualan di Golden arches. Dan mounting miliar yang dipantau di kantor tertinggi di muka bumi. Presiden Richard Nixon, setelah pertemuan Kroc pada awal tahun 1970-an, bertanya: "Apakah sekarang, delapan atau sembilan miliar?" Kroc berkata: "Bapak Presiden, dari dua belas miliar."

Banyak analis McDonald's yg merajalela dilihat sebagai pertumbuhan berkelanjutan. Tetapi Kroc beriman perusahaan yang diperlukan untuk terus memperluas untuk bertahan. "Saya tidak percaya pada kejenuhan," katanya. "Kami berpikir dan berbicara di seluruh dunia." Kroc envisioned dunia yang 12.000 set Golden arches akan berdiri sebagai outposts komersial yang kuat kekaisaran. Tentu, ada satu toko 90.000 untuk setiap warga negara Amerika Serikat pada tahun 1972. Namun ada tiga miliar orang di luar Amerika batas yang belum pernah dibungkus mulut mereka sekitar satu Big Mac. Jadi sama seperti Henry Ford dicari pasar luar negeri untuk Model T, Ray Kroc yang naik setelah kampanye yang ambisius. McDonald's dimulai oleh mantan invading Axis kekuasaan Jepang dan Jerman pada tahun 1971. Dan pada 1977, ia memperkenalkan makanan cepat sandwich ke tanah Sandwich, perusahaan membuka toko th 3000 di London. "Dengan semua bara dari peziarah kembali, McDonald's ditetapkan untuk memperkenalkan Eropa kepada joys of the real American hamburger," Forbes dicatat.

Mendirikan beachheads di Eropa itu hanya modal awal. Selama di dekade yang seribu toko yang dibuka di luar negeri perusahaan fueled yang 27 persen tingkat pertumbuhan tahunan. Golden arches sprouted dari tanah di hampir setiap benua - di Amerika Selatan, Eropa, dan di Asia. Rantai sehingga menjadi universal dikenal sebagai lambang usaha Amerika dan berpengaruh itu, ketika Marxist guerrillas blew a McDonald's di San Salvador pada tahun 1979, mereka menyatakan tindakan teroris yang meledakkan sebuah letal terhadap "imperialis Amerika."

Meskipun Kroc bertambah bawah sebagai ketua eksekutif pada tahun 1968, memberikan cara untuk Fred Turner, ia tetap penting simbol perusahaan akar, dan pengaruh yang kekal sepanjang hari-hari operasi. Pendiri pertama diperiksa hari hasil dari setiap toko, dan terus mengawasi perusahaan milik McDonald's outlet dari kantor di selatan California. "Walaupun McDonald's sukses, dan kekayaan pribadi sebesar $ 340 juta, ia selalu khawatir," Forbes menulis pada tahun 1975. "Ketika Kroc perjalanan, dia bersikeras bahwa dia untuk mengambil sopir sedikitnya enam McDonald's untuk inspeksi kejutan."

Walaupun dia membunuh persaingan, persaingan tidak membunuh Ray Kroc. Dia berlalu dari usia lanjut pada bulan Januari 1984, pada usia delapan puluh-satu, hanya sepuluh bulan sebelum McDonald's 50-nya dijual billionth hamburger.

Ray Kroc tidak tinggal untuk melihat nya perusahaan dari segala kemenangan. The Dow Jones Industrial Average, yang terbaik harian barometer bangsa ekonomi, terdiri dari tiga puluh bangsa yang paling penting perusahaan. Pada tahun 1985, ketika nilai McDonald's $ 4,16 miliar-real estate surpassed portofolio yang Sears, New York Stock Exchange McDonald's ditambahkan ke Dow. Dengan ini stroke, Wall Street divalidasi Ray Kroc dari anggapan bahwa daging sapi Patties dapat ditempatkan pada sidang baris. Yang rendah hati sekali-hamburger akhirnya mengambil tempat di antara yang berhak pesawat, kereta, dan mobil sebagai Titan American industri.
Adaptasi Untuk Asing iklim
Salah satu kunci untuk pertumbuhan McDonald's terus adalah perluasan internasional. Dengan beroperasi di lebih dari 65 negara, McDonald's kini terbuka sekitar sepertiga dari restoran baru di luar Amerika Serikat. Pada awal 1990-an, Fred Turner internasional memperkirakan bahwa penjualan akan melebihi US penjualan.

Sementara pasar luar negeri kadang-kadang dapat menawarkan hambatan baru bagi perusahaan Amerika, seperti berseteru bureaucracies pemerintah setempat dan diandalkan pemasok, McDonald's muka yang lebih besar secara keseluruhan tantangan. Di setiap negara, dari Belgia ke Brunei, perusahaan terpaksa berjalan kaki ke tali tegang yang menjual produk yang khas Amerika, sambil katering ke selera lokal.

Walaupun McDonald's selalu mau tanam dan kaku pada sistem operasi di tanah asing, ketika datang ke aspek-aspek lain dari restoran 'operasi, perusahaan yang lebih fleksibel. Misalnya, untuk membuat nama rantai lebih mudah dpt diucapkan untuk konsumen Jepang, ia berubah menjadi Makudonaldo, dan menjadi azimat Donald Macdonald. Hamburger Tengah juga diizinkan operator lokal untuk merancang kampanye promosi unik. "Kami mungkin nama Amerika, tapi kami semua Irlandia," berlari satu promosi untuk promosi gerai di Dublin.

Hari ini, bahkan menu di restoran McDonald's di luar lokasi jelas menggambarkan perbedaan yang tidak ada di perusahaan Amerika outlet. Sementara toko menawarkan tarif seperti hamburger, french fries dan susu getar, ada beberapa tambahan: misalnya, ketika restoran McDonald's dibuka di Jerman pada awal tahun 1970-an, mereka mulai melayani bir; di Filipina mereka tawarkan McSpaghetti mi, sementara Norwegia waralaba menawarkan sandwich salmon fillet, di MacLak.

0 komentar: